Feb 1, 2012

PULSAR 200NS (TEKNOLOGI)

Sejak peluncurannya di Mumbai, India, Pulsar 200NS ternyata memberi angin segar bagi bike enthusiasts baik dalam maupun luar negeri. Bahkan sebagian besar blog otomotif tanah air saja turut memeriahkan atas kehadiran Pulsar 200NS di India ( lihat otobloggerindonesia dan indomotoblog). Sangat diluar dugaan, desain dan teknologi keseluruhan Pulsar 200 NS ini benar-benar patut diapresiasi dan diacungi jempol. Saya pun sangat terkesima dengan desain baru yang diusung oleh new generation Pulsar 200 NS ini.

Pulsar 200 NS ini merupakan hasil kolaborasi teknologi antara Bajaj India dan KTM Austria. Dan baru di produk inilah terealisasi sejak Bajaj Auto bekerjasama dan memiliki saham KTM motorcycle sebesar 39%. Memang sebelum dikeluarkannya Pulsar 200 NS, Bajaj Auto telah dipercaya untuk memproduksi KTM Duke 125 yang sejatinya beredar di kawasan Eropa dan sekitarnya (termasuk Singapura). Sedangkan basis KTM Duke 200 akan beredar di kawasan Asia seperti Malaysia, Filipina, India dll. Bajaj Auto sebagai pabrikan otomotif yang termasuk cukup tua (didirikan pertama kali oleh Jamnalal Bajaj pada tahun 1930-an : wikipediaternyata sempat beberapa kali menjalin kerjasama dengan pabrikan otomotif seperti Piaggio pada era 1960-1970an, dengan pabrikan Kawasaki pada era 1980-2000an. Dan pada tahun 2007 Bajaj Auto baru menjalin kerjasama dengan KTM Austria hingga sekarang. Oleh karena itu pada desain Pulsar 200NS lebih terasa aura Eropanya.

Bicara mengenai teknologi dan fitur yang ada pada Pulsar 200NS, diperkenalkan juga sistem baru yakni Triple Spark yakni sistem 3 busi untuk mendongkrak tenaga mesin hingga mencapai 23,5 hp dan diyakini akan semakin menghemat konsumsi bahan bakar hingga 58 km/liternya. Rangka deltabox membuat tampilan motor semakin kokoh, disc brake depan berdiameter 280mm dan belakang 230mm serta kaliper Bybre dipercaya mampu melakukan pengereman yang baik pada saat bermanuver dalam kecepatan yang tinggi. Desain swingarm terbaru yang besar dan tebal disinyalir 5 kali lebih kuat dari swing arm pulsar 220. Suspensi belakang monoshock nitrox, suspensi depan telekospik 37, split jok dengan desain yang sporty, karakter lampu depan yang lebih fresh, speedometer digital, LED panel stang, ban yang cukup lebar yakni 100/70 depan dan 130/70 belakang.

So, sepertinya saya pun tidak sabar untuk menyaksikan Pulsar 200NS hadir di tanah air, lebih cepat tentunya lebih baik! Semoga BAI tak terlalu lama merealisasikannya dan yang paling utama (baca : PENTING!) adalah segera benahi aftersales bajaj, perbanyak dealer service dan showroom, perbanyak mekanik-mekanik yang handal dan berpengalaman (baca : MEKANIK PROFESIONAL!), serta perbanyak sparepart (baca : KETERSEDIAAN SPAREPART!). Maka nantinya Pulsar 200NS saat meluncur di Indonesia akan melenggang dengan tenang dan nyaman. Selamat menikmati dan salam!

Pulsar 200NS. Warna putih dan komposisi layout yang baru merupakan hasil digital imaging morukai.

4 comments: