PABRIK PERAKITAN KTM DUKE 125 DI AUSTRIA

Melalui forum otomotif XBHP yang berlokasi di India ini, ternyata salah satu punggawa XBHP magazine yakni Sundeep Gajjar a.k.a. Sunny sempat melakukan perjalanan ke pabrik terbesar KTM di Mattighofen, Austria. Dalam perjalanan turnya di dalam pabrik KTM, dia melihat motor-motor KTM Duke 125 dari India yang sedang dibongkar dan dilakukan pengecekan kembali dari segi kualitas. Wow, apakah ini memang membuktikan kebenaran bahwa Duke 125 memang sudah diproduksi oleh Bajaj Auto India? Karena memang dari awal pemberitaan produksi Duke 125 di Austria sekitar akhir tahun 2010 lalu, Austria hanya membuat sampel Duke 125 untuk kemudian produksi selanjutnya dilakukan di Bajaj Auto India.

Dari keterangan ini berarti launching produk KTM Duke 125 di Singapura beberapa waktu lalu, seharusnya sudah merupakan versi India. Begitu pula dengan KTM Duke 125 yang meluncur ke Indonesia melalui IU (Importir Umum) pun harusnya sudah versi India, seperti yang sudah dicoba oleh Indobikermags.com. Memang, pasar motor Duke 125 sebenarnya untuk pangsa Eropa, sedangkan pangsa Asia adalah versi KTM Duke 200 (telah launching di Malaysia dan Brazil). 

Nah, untuk memastikan dan membuktikan apakah KTM Duke 125 ini memang sudah diproduksi massal oleh Bajaj Auto India, perlu kita ketahui bahwa setiap nomor rangka pada motor selalu diawali oleh kode huruf 2 digit seperti yang pernah dibahas oleh tmcblog.com. Untuk motor produksi India akan berkode MA-ME dan ini dibuktikan kebenarannya pada saat mengecek nomor rangka Bajaj Pulsar 180 UG3 didapatkan kode 2 huruf di depan yakni MD. So, tinggal menunggu kesempatan untuk datang langsung ke dealer KTM di Jakarta yang menyediakan KTM Duke 125 dan melihat kode nomor rangka. Hal ini nanti akan saya tanyakan juga kepada salah satu member Group KTM 200 Indonesia di Facebook, yakni member asal Singapura yang kebetulan sudah membeli KTM Duke 125 di Singapura, siapa tahu dia bisa membantu untuk memberikan keterangan nomor rangkanya sesudah membaca artikel ini :)

Wah, berarti seperti dilansir oleh Indobikermags tentang kualitas finishing dan detail produk yang sangat luar biasa dari KTM Duke 125 ini bisa membuktikan bahwa motor produksi Bajaj Auto India pun sangat memperhatikan betul finishing dan kualitas material bahkan untuk kelas premiumnya seperti KTM Duke ini. Ya, kita tunggu saja ya hasilnya. Oya, kembali lagi ke proses perakitan KTM Duke 125 di Austria ini, ternyata saya cukup terkesan dengan suasana yang ada di dalam pabrik KTM ini karena terlihat sangat rapi dan bersih, hal ini bisa menjadi contoh bagi pabrikan-pabrikan yang lain. Dan foto-foto yang diambil oleh Sundeep Gajjar ini terlihat sekali sangat profesional. Oya, beliau yang juga merupakan CEO XBHP ini juga sempat bekerja sama dengan saya sekitar akhir tahun 2010 lalu, dimana beberapa artworks saya tentang Bajaj Pulsar diorbitkan disini dalam XBHP Magazine dan XBHP forum.

Selamat menikmati dan Salam!

Pabrik KTM di Mattighofen, Austria. Foto : www.xbhp.com
Foto : www.xbhp.com
Motor ini memang sangat maskulin. Foto : www.xbhp.com
Dalam angle seperti ini, buritannya kok mirip Ninja250R ya? Foto : www.xbhp.com
Model batoknya sangat berkarakter! Foto : www.xbhp.com
Motor ini bakal diidamkan terus oleh para bike enthusiasts. Foto : www.xbhp.com
Rapi. Foto : www.xbhp.com

Comments

  1. mantaap
    diler ktm duke IU di indonesia dimana y emangnya?
    n kisaran harganya di IU brp y?

    ReplyDelete
  2. Di Jakarta di Moto Prima Building Jalan Fatmawati 15A-15B, mengenai harga resmi Duke 125 versi IU belum cek bro :)

    ReplyDelete
  3. kalo harganya 19 jeti, ane pesen satu...

    ReplyDelete
  4. @anonymous : kalo 19 juta ya dapetnya pulsar doang bro :)

    ReplyDelete
  5. headlampnya asli keren banget.

    ReplyDelete
  6. dijamin keren nih pake ini

    ReplyDelete
  7. kapan kira2 launching..ne

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

FUTURE MOTORCYCLE IN A PRIEST FILM (2011)

BIGGER RIM AND TYRE ON BAJAJ PULSAR 180 UG3

CUSTOM BIKE OF BAJAJ PULSAR 135 LS (BLUE)